Rabu, 05 September 2012

Tips Merawat LCD Ponsel Agar Tidak Cepat Rusak



Sebagian orang lebih senang menggunakannya daripada merawat ponsel. Padahal ponsel merupakan perangkat yag rentan terhadap kerusakan. Salah satu bagian yang rentan mengalami kerusakan adalah layar ponsel atau LCD ( Liquid Crystal Display ).
Dan apabila rusak, anda harus rela mengeluarkan biaya yang cukup mahal untuk memperbaikinya.

Meski sekarang harga ponsel sudah terjangkau, kita tetap harus merawat ponsel tersebut. Perlakuan yang tidak hati – hati akan membuat ponsel cepat rusak. Hampir semua bagian dalam ponsel rawan rusak, ponsel termasuk barang elektronik yang sensitive. Salah satu bagian yang rentan mengalami kerusakan adalah layar ponsel atau LCD.

Ada beberapa jenis LCD yang digunakan untuk ponsel saat ini, seperti monochrom, STN, CSTN, OLED, UBC, UFB, TFT dan TFD. Masing – masing mempunyai intensitas cahaya, warna, dan ketahanan yang nggak sama. LCD harus mendapat perhatian khusus mengingat suku cadangnya yang terbilang mahal, terutama layar sentuh, Biaya reparasinya juga nggak murah.



Beberapa tips cara merawat LCD agar awet dan tidak mudah rusak.
1.    Ketika membersihkan LCD, usahakan dalam keadaan ponsel off . Bersihkan monitor dengan kain lembut dan cairan khusus pembersih monitor. Ketika menggunakan cairan pembersih monitor jangan menyemprotkan langsung cairan tersebut pada monitor. Tapi semprotkan terlebih dahulu pada kain lap. Ketika mengelap layar monitor lakukan dengan perlahan dan nggak menekan secara keras permukaan layar monitor. Usahakan dengan gerakan mengelap satu arah. Agar monitor LCD lebih aman dapat digunakan screen protector yang dapat melindungi monitor dari debu atau goresan.

2.    Hindari meletakkan spiker atau benda – benda elektronik dari monitor, karena dapat menyebabkan gangguan magnetic, sehingga merusak tampilan monitor. Hindari meletakkan monitor atau perangkat elektronik lainnya pada lokasi yang terkena sinar matahari langsung, karena dapat merusak ketahanan elektronik tersebut.
3.    Apabila ponsel anda masih dalam masa garansi, sebaiknya jangan memodifikasi terlebih dahulu. Karena dengan melakukan modifikasi dapat menebabkan kerusakan yang serius pada ponsel;
4.    Jangan menaruh ponsel dalam tas yang terlalu penuh, atau menaruh ponsel di kantong celana jeans yang ketat. Penekanan pada ponsel dapat menyebabkan LCD mengeluarkan cairan. Alhasil LCD ponsel akan mengalami blank dan rusak total. Berikan sarung pengaman untuk mengurangi dari berbagai macam tekanan.

5.    Ponsel jangan terlalu sering terkena goncangan ( kecuali pada tipe ponsel yang dirancang tahan goncang seperti pada merk tertentu), karena kalau dibiarkan LCD akan mengalami kerusakan.

6.    Sedapat mungkin, LCD ponsel jangan sampai terkena sinar matahari langsung maupun terkena panas atau terkena suhu terlalu dingin, karena dapat mengurangi kinerja dan kualitas kristal cair pada LCD tersebut.

7.    Jika anda ingin mengganti casing, usahakan cari casing yang ukurannya sesuai atau sama dengan casing yang original.bila jarak ukuran casing non original terlalu dekat dengan layar LCD maka akan menekan layar LCD.

Postingan tips merawat LCD ponsel ini mudah- mudahan bermanfaat dan menambah wawasan bagi pembaca .


2 komentar:

Mbah Partok mengatakan...

Buluh Perindu Ki Semar, Media Pelet Paling Ampuh
Ini Adalah Media Pelet Jarak Jauh, dengan media ini Anda tidak harus kenal dengan target yang Anda Tuju, Cukup tahu wajahnya saja Maka Anda bisa memeletnya. dengan menjilat 3x media ini dia akan simpati pada Anda, dibaca mantranya maka dia akan rindu siang malam selalu pingin ketemu dengan Anda. Garansi (untuk Pria/Wanita). hubungi Dani Akbar : 0838 5688 7373 atau kunjungi peletrokok.blogspot.comlsou 40

muslimah mengatakan...

klo melet orang sabrang yg laut bisa gak. makasih infonya